271 RTLH di Kecamatan Lubuk Batang Disalurkan

Ekonomi, Nasional, Oku, Sumsel808 Dilihat
Kepala Dinas PU Perkim OKU Ir Ulia Mahdi MM saat menyerahkan secara

Baturaja,sebimbing.com – Pemerintah Kabupaten OKU melalui Dinas PU Perkumpulan terus menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya tahun 2022, kali ini Pemerintah Kabupaten OKU merenovasi 271 rumah tak layak huni (RTLH) di kecamatan lubuk batang.

Hasil bedah rumah yang bersumber dari dana APBN ini diserahkan oleh Kepala Dinas PU Perkim OKU Ir Ulia Mahdi MM kepada perwakilan masyarakat saat kegiatan Musrenbang di Kecamatan Lubuk Batang.

“Perehaban rumah warga ini sudah selesai, ini kita menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat,” kata Kepala Dinas PU Perkim Ir Ulia Mahdi MM saat dibincangi portal ini, Selasa (28/2/2023).

Dikatakan Ulia total RTLH yang menerima bantuan program BSPS tahun 2022di OKU sebanyak 437 unit rumah. Dari jumlah itu dirincikan Ulia, sebanyak 271 unit rumah terdapat di 5 Desa dikecamatan Lubuk batang yakni, Desa Banuayu 39 unit rumah, Desa Lubuk Batang Baru 12 unit rumah, Desa Gunung Meraksa 33 unit rumah, Desa Bandar Agung 54 Unit rumah serta Desa Lubuk batang lama sebanyak 133 unit rumah.

“Sedangkan sisanya di Kecamatan Kedaton Peninjauan raya (KPR) yang telah diserahkan pada Musrenbang Kecamatan KPR beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

Disebutkan Ulia, Besaran bantuan program BSPS senilai Rp 20 juta  yang diberikan untuk setiap rumah, bantuan itu diperuntukan untuk rehab atap, dinding dan lantai rumah.

Sementara itu Agus Husein (70) salah seorang warga yang menerima bantuan tersebut mengaku sangat senang dan bahagia saat ini ia sudah bisa menikmati hasil renovasi rumahnya berkat bantau dari pemerintah. 

“Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan dari pemerintah ini, tentunya saya dan keluarga sangat senang rumah kami menjadi lebih baik. Harapanya program ini dapat terus berlanjut,” Tandasnya. 

Hal senada juga disampaikan kades Bandar Agung Adi Iskandar, yang merasa senang warganya bisa menikmati rumah layak huni setelah di rehab oleh pemerintah melalui program BSPS, “kalau di Bandar Agung ada 54 rumah yang mendapat BSPS,” sebutnya 

Para warga ini diusulkan oleh RT setempat, kemudian disurvey oleh tim  dari PU Perkim sesuai dengan kriteria yang berhak menerima program ini. “Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemerinta ini dan berharap bantuan ini dapat tersu berlanjut bahkan lebih banyak lagi sehingga seluruh warga bisa merasakan rumah yang layak huni,”tuturnya.(dor)