Alasan Perkaderan, Qodrat Rolyadi Mengundurkan Diri, Novri Melenggang Formatur Ketua Umum HMI Baturaja

foto bersama Formatur Ketua Umum Novriyadi (kiri) dan Calon ketua yang mengundurkan diri Qodrat Rolyadi saat berfoto menunjukan surat pengunduran diri.

Baturaja,sebimbing.com – Masih ingat konferensi HMI cabang Baturaja pada tanggal 16 Mei 2022 lalu yang terjadi ‘sikut menyikut’ antar dua calon ketua yakni Novri Helmi dan Qodrat Rolyadi yang mencalonkan diri sebagai ketua HMI Cabang Baturaja. Kini kedua anak muda itu sepakat untuk berdamai dengan alasan demi perkaderan organisasi dan memajukan organisasi Himpunan Mahasiswa Indonesia khususnya cabang Baturaja. 

Itu ditandai dengan surat peryataan sikap Qodrat Rolyadi menyatakan mengundurkan diri sebagai calon ketua umum HMI Cabang Baturaja. Qodrat menyatakan, dari hasil ketetapan yang inkonstitusional dengan alasan menjaga mata air perkaderan di dalam tubuh organisasi mereka. 

“Saya mendukung penuh hasil ketetapan konfrensi cabang pada tanggal 16 Mei lalu yang dipimpin oleh streeering commite kanda Dzikirullah dan kanda Edo Kurniawan sebagai pimpinan sidang tetap yang menghasilkan mandataris konfercab formature ketua umum HMI Cabang Baturaja periode 2022-2023 kanda Novriyadi Andista sebagai hasil ketetapan mutlak sah organisasi,”beber Qodrat Rolyadi didampingi Novriyadi pada Rabu (31/8/2022). 

Qodrat berharap, dengan adanya surat dukungan ini kepada Formature terpilih Novriyadi Andista dapat menjaga roda organisasi sebagaimana mestinya sehingga mata air perkaderan di ruang lingkup HMI Cabang Baturaja dapat berjalan dengan baik. 

“Ini adalah awal proses kemajuan organisasi baik di lingkungan komisariat maupun cabang dan harapan saya kepada seluruh komisariat maupun dapat menjaga kestabilitasan perkaderan,” ujarnya. 

Lebih dari itu kata Qodrat, pengunduran dirinya merupakan murni dari hati dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. 

“Kalau saya jujur keputusan ini tidak ada iming iming pada saat aku melepaskan ini tidak ada perjanjian minta jabatan. Ini dari hati nurani sendiri karena akibat ini terhambat perkaderan, oleh sebab itu saya memutuskan untuk mengundurkan diri jadi kalau tidak ada mengalah harus ada salah satu mengundurkan diri jadi saya memilih itu,”tegas Qodrat. 

Sementara itu, Formatur ketua umum HMI Cabang Baturaja Novriyadi mengaku sangat menyambut baik pengunduran diri dengan dibuktikanya surat peryataan sikap oleh Qodrat dan dukungan beralih ke dirinya. 

“Ini proses dinamika internal saja tidak lebih dari  dan ini akan ditindaklanjuti sesegera mungkin,” ucap Novri. 

Dengan telah bertambahnya dukungan itu, saat ini sudah tiga komisariat mendukung dirinya terdiri dari komisariat Pertanian satu suara, komisariat  teknik dua suara serta FKIP dua suara total lima suara.

“Total dukungan ke saya sudah lima suara dari total sembilan suara” terangnya. 

Novri mengungkapkan, dengan adanya dukungan ini dirinya berjanji akan menjalankan roda organisasi sebaik mungkin dan akan merangkul semua secara perlahan demi kemajuan bersama. 

“Tentu ada komitmen komitmen. Pelantikan nanti rencana saya akan louncing buku sejarah HMI cabang Baturaja dan ini secepatnya setelah proses organisasi selesai rapat bidang persedium dan harian insyallah selesai minggu depan, “Pungkas Novri. (Dr)