Desa Kepayang dan Lubuk Rukam Serta Terusan Dukung Desa SBS 

oleh -364 Dilihat
Sobari Kades Kepayang (kanan) didampingi Izarullah Kades Lubuk Rukam saat menunjukan penghargaan SBS yang diterimanya

Baturaja, Sebimbing. Com – Dihari Kesehatan Nasional ke 58, beberapa desa dan kelurahan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), berhasil mendapatkan penghargaan dari pemerintah Kabupaten OKU melalui dinas Kesehatan setempat. 

Penghargaan itu berupa Stop Buang air besar Sembarangan (SBS) serta penghapusan stanting. Diketahui ada 27 Desa dan kelurahan yang mendapatkan penghargaan. 

Diantaranya Desa Lubuk Rukam kecamatan Peninjauan, Desa Kepayang Kecamatan Peninjauan dan Desa Terusan Kecamatan Baturaja Timur. 

Ketiga desa ini dinilai berhasil mengajak masyarakatnya untuk tidak buang air besar sembarangan baik itu di sungai. 

Kepala desa Kepayang Sobari didampingi Kepala Desa Lubuk Rukam Izarullah dan Kades Terusan mengungkapkan, penghargaan yang mereka dapatkan merupakan bagian motivasi pihaknya untuk mendukung program pemerintah serta terlebih mengajak masyarakatnya untuk hidup sehat. 

Dikatakan mereka, melalui kegiatan desa pihaknya terus mensosialisasikan setiap rumah harus memiliki wc dan kamar mandi. Selain itu pihaknya juga melalui dana desa dan add juga membuat bantuan kepada warga dibidang kesehata. 

“Penghargaan ini merupakan capaian yang baik bagi kami, warga kami memang sudah jarang yang bab di sungai kalau mandi masih ada. Insyallah ini motivasi kami dan masyarakat kami untuk menjaga kesehatan bersama, ” Ucap mereka. 

Selain itu, pihaknya juga berharap kedepan pemerintah lebih bisa turun ke lapangan dan memberikan bantuan fasilitas kesehatan di desa desa sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik. 

Dinkes OKU juga mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (sbs)  Open Defecation Free. (Dri)

No More Posts Available.

No more pages to load.