Desa Lubuk Batang Baru Ciptakan Aplikasi Layanan Berbasis Digital

oleh -276 Dilihat
Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah bersama Kades Lubuk Batang Baru Randi Arnofan meresmikan aplikasi pedia

Laporan:Widori

Baturaja,sebimbing.com – Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd melaunching aplikasi Desa Pedia yang digagas oleh Pemerintah desa Lubuk Batang Baru Kecamatan Lubuk Batang, Rabu (27/12/2023).

Desa Lubuk Batang Baru menjadi Desa pertama di bumi sebimbing sekundang yang memiliki pelayanan berbasis digital. Turut hadir dalam kegiatan itu Asisten III Setda OKU Romsin Fitri, Kepala dinas Pemerintah Desa (PMD) Nanang Nurzaman, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kadarisman, Camat Lubuk Batang Emharis Surya Putera SH, Kapolsek Lubuk Batang Iptu Rolly Irawan, Para Kepala Desa Sekecamatan Lubuk Batang, serta sejumlah tamu undangan.

Kepala Desa Lubuk Batang Baru Randi Arnofan mengatakan tercetusnya ide program Sistem informasi berbasis digital itu adalah untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Dirinya bersama pemerintah desa menggagas ide itu sudah sejak tahun 2019 silam.

“Namun lantaran pada waktu itu kita dilanda pandemi covid -19 makanya baru terealisasi di tahun 2023 ini. Dan kaitannya, belum lama ini Kabupaten OKU telah mendapat reward smart city, nah, sebagain untuk dukungan pemerintah desa Lubuk Batang Baru makanya kita buat aplikasi ini untuk mempermudah layanan di desa Lubuk Batang Baru ini,” ucap Randi.

Randi menuturkan di era digitalisasi seperti saat ini, pemerintah desa pun dinilai perlu mengikuti perkembangan zaman. Sebab, kata dia jika tidak tentu akan tertinggal dari daerah lain.

“Mau tidak mau, suka tidak suka kita harus mengikuti perkembangan zaman. Saya harap aplikasi ini dapat difungsikan dengan baik sehingga akan membawa kesejahteraan bagi banyak masyarakat. Dan saya juga berharap inovasi ini dapat diikuti oleh desa lain,”tuturnya.

Masih menurut Randi jika di urutkan diperingkat nasional Desa Lubuk Batang Baru berada pada urutan 234 dari 74960 desa yang ada di indonesia. Dan untuk tingkat provinsi Sumsel, desanya berada di urutan ke 2.

“Sebetulnya di Sumsel ini ada 3 desa, namun yang satunya belum lengkap. Jadi hanya ada 2 desa yakni Desa Sidomulyo dikabupaten Musi Banyuasin dan desa Lubuk Batang baru ini. Makanya saya berharap inovasi ini nantinya dapat di ikuti oleh desa lain di kabupaten OKU,” tandasnya.

Sementara itu, Sebagai orang yang sangat mendambakan kemajuan Kabupaten OKU terlebih pada bidang tehnologi digital, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah sangat mendukung program yang di gagas Pemerintah Desa Lubuk Batang Baru itu. Menurutnya, digitalisasi adalah kata kunci dizaman modern ini agar tidak tergilas zaman.

“Kami Pemkab OKU menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas inovasi pemerintah Desa Lubuk Batang Baru ini. Gagasan ini sangat membanggakan bagi kabupaten OKU. Dan menurut saya Randi Arnofan ini merupakan Salah satu kades visioner, karena apa yang belum kita pikirkan, dia telah berpikir sampai kesitu,” ucap Teddy Meilwansyah.

Teddy juga menghimbau kepada para kades dikabupaten OKU Untuk dapat melakukan inovasi – inovasi di desa untuk mensejahterakan masyarakatnya.

“Karena goalnya adalah kemakmuran rakyat. Kalau memungkinkan, silahkan tiru inovasi yang dilakukan oleh Kades Lubuk Batang baru ini. Berlombalah untuk menjadikan desa kita menjadi yang terbaik,” pesannya.

Teddy percaya bahwa apa yang digagas oleh pemerintah desa Lubuk Batang Baru akan membawa banyak manfaat. Bukan saja mempermudah perangkat desa dalam bekerja, namun juga akan berdampak pada perekonomian desa.

“Aplikasi ini juga bisa untuk menggerakkan roda perekonomian. Karena jual beli bisa dilakukan di dalamnya. Nah ini yang penting, artinya masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menambah penghasilan. Dan tentu juga akan ada income yang bis amenjadi PAD desa”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.