Destinasi Wisata Baru Bukit Katung di OKU Punya Cerita Legenda dan Panorama Alam

OKU,Sebimbing.com – Bukit Katung tempat wisata baru berada di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), jadi primadona objek wisata baru di kabupaten Berjuluk Sebimbing Sekundang itu.


Semenjak pandemi covid-19 melanda warga berinisiatif mengenalkan kawasan itu.
Selain menawarkan wisata alam perbukitan, kawasan yang tak jauh dari pusat kota Baturaja ini juga menawarkan cerita legenda warga setempat.


Ya, di puncak Katung terdapat kawasan disebut warga sekitar Kubangan Naga. Dari atas bukit katung para pelancong dapat menyaksikan hutan yang masih asri serta dapat melihat pemukiman warga dan kota Baturaja, perusahaan-perusahaan dari kejauhan.


Ide dibuatnya jalur pendakian untuk mencapai puncak itu dimotori Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Warga desa Pusar  dengan swadaya membuka jalur pendakian menuju bukit Katung.


Warga mengaku, setelah dibuka dan diberi akses jalan masuk banyak warga OKU yang mengunjungi destinasi wisata baru ini.
Garsubi ketua Pokdarwis mengatakan, dirinya bersama pemuda desa Pusar secara swadaya melengkapi beberapa fasilitas mulai dari membuat jalur menuju puncak hingga membuat beberapa tempat berfoto.


Dirinya mengungkapkan selama ini kawasan itu merupakan hutan belantara dan perkebunan milik warga. Dengan tekat yang kuat sehingga destinasiwisata ini mulai diperkenalkan melalui media sosial.

“Alhamdulillah berkat kerja sama walau tidak ada dana kami ingin memperkenalkan objek wisata ini,” warga juga banyak mendukung termasuk pemilik lahan,”ujar Garsubi.
Garsubi menjelasaan bukti Katung juga terdapat kubangan naga yang menurut legenda merupakan tempat naga mandi dan bermain. 

“Disana ada salah satu tempat yang bersih tidak ditumbi rumput sedikitpun. Dulu ceritanya jika kayu dipukul ditanah itu dibawa pulang kayu itu akan memanjang sendirinya,”kata Garsubi.


Oleh sebab itu warga berharap destinasi wisata baru ini bisa dikembangkan, pihaknya sendiri susah memulai dan berharap pihak terkait bisa membantu melengkapi fasilitas disana.(drw)