Dinkes OKU Peringati HKN ke 58 Ini Terget Kedepan Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Nasional, Oku, Pendidikan470 Dilihat
Ketua TP PKK Kabupaten OKU Hj Zwesti Karenia Teddy didampingi Plt Kadinkes Rozali saat memberikan penghargaan terhadap desa terusan.

Baturaja,sebimbing  – Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menggelar peringatan hari kesehatan Nasional ke 58 dengan upacara, peringati itu diselenggarakan secara sederhana di halaman kantor Dinkes OKU, Kamis (1/12/2022). 

Selain upacara Dinkes OKU juga memberikan penghargaan terhadap beberapa pendukung peningkatan kesehatan di bumi Berjuluk Sebimbing Sekundang itu. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Rozali juga mengatakan, kegiatan ini merupakan peringatan Hari Kesehatan Nasional yang Ke – 58 tahun 2022 yang bertemakan “bangkit indonesiaku, tema ini dipilih sehat untuk tema negeriku.” Maka dari itu di hari HKN ini kami melaksankan kegiatan Upacara ,serta melakukan kegiatan lainnya seperti  Deklarasi  sebanyak 27 Desa.

“Dalam Deklarasi tersebut yakni Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) yang di harusan di setipa Desa harus memiliki jamban, untuk Desa aat ini yang suda bebas dari SBABS sebanyak 27 Desa,”ungkapnya.

Rozali berharap di Hari Kesehatan Nasional ini , agar kiranya bagi para tenaga kesehatan dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar  dapat menjalani kesehatan secara mandiri.

Dinas kesehatan Kabupaten Ogan komering Ulu (OKU) melaksankan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 58 tahun 2022 di halaman Dinas kesehatan kabupaten OKU, Kamis (01/12/2022).

Dalam kegiatan HKN yang ke -58 di hadiri langsung pejabat Bupati OKU H Teddy Maelwansyah yang di wakili Asisten II Pemkab OKU Hasan HD, Asisten III Pemkab, serta Staf Khusus Bupati, ketua DPRD Kabupaten OKU, dandim 0403 OKU, kapolres OKU, kepala kejaksaan negeri OKU, ketua pengadilan negeri, dan ketua pengadilan agama, serta tamu undangan lain nya.

Bupati OKU H Teddy Mael Wansyah yang diwakili Asisten III Romson Fitri mengatakan, Kegiatan HKN  Ke-58 tahun 2022 mengangkat tema “bangkit indonesiaku, tema ini dipilih sehat untuk tema negeriku”. menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme masyarakat seluruh lapisan indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi Covid-19, sehingga masyarakat indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar indonesia kembali bangkit dan kembali sehat. 

“Pejabat Tantangan yang kita hadapi sangat berat. semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. krisis kesehatan akibat pandemi covid-19 belum sepenuhnya pulih. namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.”Ungkapnya.

Lanjut di katakan Romson, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi covid- 19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan oktober 2022. 

“Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. sejak bulan oktober, kita mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus Covid-19. data kematian telah

menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster.”Ujarnya.

Lanjutnya, proporsi pasien yang meninggal akibat Covid-19 3 kali lebih banyak pada kelompok lansia dibandingkan dengan yang bukan lansia. oleh karena itu, mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi covid-19 dengan booster. dalam menghadapi pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh.

Lanjut Romson, meski dihadapkan pada prioritas penanganan covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan prioritas nasional, seperti penurunan program

“Angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada pengelolaan balita, jaminan nasional (JKN), serta kemandirian farmasi dan negeri. memperbaiki meningkatkan penggunaan alat kesehatan produk dalam kesehatan.”

pandemi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air. kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk dan kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Atas nama pemerintah Kabupaten OKU saya ucapkan selamat memperingati HKN Ke- 58 tahun 2022, mari kita manfaatkan peringatan HKN tahun 2022 ini sebagai langkah perubahan besar untuk semakin mengembangkan kualitas layanan kesehatan di kabupaten OKU.

Di kesempatan itu juga Ketua TP PKK Kabupaten OKU Hj Swesti Karenia Teddy mengatkan sangat mengapresiasi kepada dinas kesehatan dan para tenaga medi di kabupaten OKU yang telah melakukan dan melakasnakan rangkiyan kegitan di HKN 2022 ini.

“Bagi tenaga medis kesehatan tetaplah semangat dan  terus berkarya untuk  memberikan yang terbaik untuk kabupaten OKU,”ujarnya.

Lanjut Swesti mengatakan, untuk kegiatan penangan stunting  di kabupaten OKU suda mendapatkan apresiasi juga di tingkat provinsi mendapqtkan juara dua untuk penganan stunting.

“Mari kita bersama – sama saling berkodinasi dan saling bahu membahu menurunkan angka stunting di wilayah kabupaten OKU sehingga nnti kita mendapatkan hasil yang terbaik lagi,”katanya.

Kedepan lanjut dikatakannya,  walau kita suda mendapatkan apresiasi di tingkat Provinsi dalam penanganan penurunan angka stunting, kita tidak boleh lengan dan  tetap maju terus berkarya.

Diketahui beberapa desa dan kelurahan mendapat penghargaan stop buang air besar sembarangan (sbs)  Open Defecation Free.