Dukung Ketahanan Pangan Pemdes Sumber Bahagia Buka Lahan Bertanam Melon

traktor yang mulai menggarap lahan untuk ketahanan pangan Desa Gunung Meraksa

Baturaja, sebimbing.Com – Apa yang dilakukan Pemerintah Desa Sumber Bahagia Kecamatan Lubuk Barang patut ditiru boleh Desa lain, Kades bersama perangkat dan warga menggarap lahan tidur untuk menanam buah buahan jenis melon yang cukup menjanjikan pada saat ini.

Selain itu Pemdes Sumber bahagia menjalankan program pemerintah pusat serta mendukung program mandiri pangan yang dicanangkan gubernur Sumsel H.Herman Deru.

Pemerintah desa menggarap lahan seluas lebih kurang 1 ha milik warga dengan sistem pinjam pakai untuk di jadikan lahan perkebunan desa.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Sumber Bahagia Jatmiko di sela kegiatan pembajakan lahan Jum’at (11/11/2022) siang. Menurut Jatmiko ide penggagas pembukaan kebun melon lantaran di wilayah tersebut masih ada lahan kosong milik warga yang menganggur.

“Ya ketimbang nganggur makanya kita pinjam pakai untuk di jadikan kebun Desa. Untuk sumber modal nya, kita gunakan dana desa yang memang pos nya untuk ketahanan pangan sebesar 20 % dari dana desa anggaran tahun 2022,” ujar Jatmiko.

Saat ini kata Jatmiko progres baru dijalankan dengan membajak lahan berupa tanah kosong dengan menggunakan mesin traktor. Diperkirakan akhir bulan November mendatang lahan seluas 1 ha itu sudah mulai menanam.

“Nanti kalau berhasil, hasilnya akan menjadi pendapatan bagi warga desa melalui kelompok. Dan pemasaran nya bisa melalui bumdes,” lanjutnya.

Jatmiko menjelaskan faktor pendukung dirinya bersama pemerintah desa Sumber Bahagia memilih melon sebagai sumber pendapatan tambahan bagi warga nya lantaran tanaman melon tak membutuhkan waktu lama dari mulai menanam hingga memasuki masa panen.

“Enak nya menanam melon, perputaran nya cepat. Hanya dalam 70 hari sudah bisa panen. Artinya Dalam waktu 1 tahun bisa sampai 4 kali panen. Selain itu di desa ini sudah tak ada lagi lahan yang luas jika ingin membuka lahan perkebunan tanaman seperti jagung, ubi atau tanaman lain nya. Sementara melon tak membutuhkan lahan terlalu luas tapi penghasilan nya bisa cukup besar,” pungkas Jatmiko.(drw)