Herman Deru Apresiasi Pembudidayaan Ikan Gabus di OKU, Akan Jadi Percontohan

oleh -91 Dilihat
Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mendampingi Gubernur Sumsel Herman Deru saat panen ikan gabus di kolam pembudidayaan desa Marta Jaya.

Baturaja, sebimbing.com – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) , menjadi kabupaten percontohan pembudidayaan ikan gabus di Sumsel dan nasional, ikan gabus yang dinilai ekonomis dan mengandung albumin sangat tinggi, diapresiasi gubenur Sumsel Herman Deru dan diharapkan menjadi pelopor kabupaten kota lain. 

Perwakilan kementrian Perikanan dan salah satu warga inspirasi melepas bibit ikan gabus

Kerja keras pemerintah kabupaten OKU dibawah pimpinan penjabat bupati OKU H Teddy Meilwansyah  bersama stekholder dalam gerakan Sumsel mandiri pangan, diapresiasi gubernur Sumsel H Herman Deru.

Pemberian bantuan oleh Gubernur Sumsel dan Pj Bupati OKU ke warga

Hal itu setelah gubernur Sumsel Herman Deru melihat langsung pusat pembudidayaan ikan gabus di desa Marta Jaya kecamatan Lubuk Raja OKU dan ketahanan pangan. Gubernur Sumsel menyebutkan disaat daerah lain baru berfikir tapi OKU telah membuahkan hasil. 

Forkopimda OKU

Gubernur Sumsel mengaku inovasi yang digalakan khsusnya pembudidayaan ikan gabus, yang selama ini sulit dilakukan terbukti bisa dibudidayakan di wilayah OKU. 

“Ini namanya Inovasi, disaat daerah lain baru berencana tapi OKU telah membuktikan kerja nyata. Saya harap OKU akan menjadi percontohan pembudidayaan ikan Gabus di Sumsel, “ucap Gubernur Sumsel Herman Deru, pada Sabtu (29/7/2023).

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah saat sambutan

Gubernur Sumsel bahkan mempercayai OKU akan menjadi percontohan dalam hal pembudiayaan ikan gabus yang dinilai banyak manfaat hingga untuk pengobatan medis. 

Sementara penjabat bupati OKU Teddy Meilwansyah, mengaku jika sejak tahun 2018 pemkab OKU bersama kelompok pembudidaya ikan gabus dan penyuluh perikanan, telah berupaya untuk berinovasi mengembangkan budidaya ikan gabus secara intesif. 

Pihaknya berupaya secara maksimal,mengubah pola hidup ikan gabus yang dikenal predator liar dialamnya menjadi ikan yang dapat dipijah dan dibudidayakan dikolam ikan. 

Lebih dari itu dijelaskan penjabat OKU H Teddy Meilwansyah, maksut dan tujuan dikembangkanya budidaya ikan gabus adalah wujud aksi nyata pemerintah dan masyarakat OKU untuk mendukung gerakan Sumsel mandiri pangan yang dicanangkan gubernur Sumsel Herman Deru. Sebagai inovasi utama untuk memperbaiki derajat kesejahteraan masyarakat. 

“Seperti yang disampaikan pak Gubernur tadi, ini menjadi nilai ekonomis, kita mampu untuk melakukan ini. Kita akan coba daerah Lubuk Raja menjadi sentra pembudidayaan ikan gabus bahkan lainya, ” Jelas Teddy. 

Sedangkan tujuan dikembangkan dan ditata kampung budidaya ikan gabus, untuk membantu masyarakat, mengembangkan dan menambah pengahsilan kelompok pembudidaya ikan dan membentuk sentra perikanan di desa Marta Jaya, untuk meningkatkan produktifitas perikanan dan mendukung stok kebutuhan ikan di tingkat lokal, serta mengembangkan nilai tambah dalam hal pengolahan albumin ikan gabus menjadi bahan yang bernilai ekonomis. 

Hingga akhirnya pada tahun 2020 pemerintah berhasil membudidayakan ikan gabus, mulai dari pemijahan penederan hingga pembesaran. (Dir)

No More Posts Available.

No more pages to load.