IPSI OKU Gelar Kejurkab 9 Perguruan Terjunkan Atlit, YPN Sponsor Utama

Baturaja,sebimbing.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurkab), yang dibuka langsung Yudi Purna Nugraha (YPN), Sabtu (17/6/2023) di Gedung Olahraga (GOR) Baturaja.

Sedikitnya sembilan perguruan yang ada di OKU, mengirimkan atlit-atlit terbaiknya untuk berlaja pada Kejurda tersebut. Ketua pertandingan Ansyordin disela acara menyebutkan, dari 12 perguruan sembilan perguruan mengirimkan aslinya untuk berlaga. Sementara sisanya lantaran ada kegiatan interen perguruan yang tidak bisa ditinggalkan.

“Alhamdulillah ke 12 perguruan mensuport kegiatan ini, tapi hanya 9 perguruan yang bertanding dengan 84 atlit siap berlaga, ” Jelas Ansyordin.

Adapun sembilan perguruan itu diantaranya perguruan cimandek,perguruan IKSPI, perguruan Pagar Nusa, perguruan Kuntau, perguruan HIMSI GP, perguruan Tapak Suci dan Perguruan Perisai Diri, Perguruan PSHT, serta perguruan ASAD.

“Yang tidak mengirim atlit perguruan bayu perkasa ada kegiatan interen, Nuramin aslinya masih masuk usia, Bunga Islam Indonesia ada urusan interen. Tapi ketiga perguruan mensufort penuh kejurda ini, “kata Ansyoridin.

Lebih jauh dijelaskanya melalui Kejuaraan IPSI OKU diharapkan dapat bangun persatuan dan kesatuan untuk raih prestasi serta junjung tinggi sportivitas olahraga pencak silat Indonesia.

“84 orang atlit usianya 17-21 tahun sesuai dengan regulasi KONI. Terlebih penting Kejurda ini untuk mempersiapkan atlit porvrop 2023 di Lahat dan alhamdulillah KONI OKU memberikan tiket untuk berangkat,”tukasnya Seraya menambahkan wasit juri berasal dari lembaga wasit juri IPSI OKU dan peraturan pertandingan yang dipakai yang terbaru tahun 2022.

Sementara itu Ketua Panitia MS Tito saat membuka secara resmi kejurkab tersebut menyampaikan pesan terhadap para atlit dan pengurus IPSI OKU.

Wakil Ketua I DPRD Ogan Komering YPN sapaan akrabnya, yang diketahui menjadi sponsor tunggal Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) IPSI OKU tahun 2023, yang dipusatkan di Gedung Olahraga (GOR) Baturaja.

“Sebagai bentuk loyalitasnya, Pak Yudi selaku Ketua IPSI OKU menjadi sponsor tunggal Kejurkab ini. Mudah-mudahan pengorbanannya dapat kita nikmati,” ujar Ketua Pelaksana,

MS Tito saat menyampaikan laporannya.Arti kata menurut Tito, YPN adalah sosok calon pemimpin masa depan OKU yang mengerti dengan posisi dan pekerjaannya.”YPN bukanlah pemimpin yang hanya memedulikan diri sendiri. Keberhasilan tim/ sebuah organisasi adalah hal yang penting dan di atas segalanya,” pujinya.

Lebih lanjut, Tito menuturkan, bahwa Kejurkab ini diikuti sembilan (9) perguruan silat di Kabupaten OKU. Dengan jumlah atlet silat yang bertarung sebanyak 86 peserta.

“Mereka terdiri dari 47 atlet silat putra dan 19 atlet silat putri,” beber pria yang juga anggota DPRD OKU itu.Lanjutnya, Kejurkab ini sengaja digelar dalam rangka persiapan mengikuti Porprov di Lahat pada September tahun ini.

“Mudah-mudahan even ini mampu melahirkan atlet pencak silat yang dapat mengharumkan nama OKU di Porprov nanti,” tandasnya.

Sementara itu, YPN dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pelaksana dan para panitia yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mensukseskan even tersebut.

Dengan rendah hati, YPN menegaskan akan menjawab apa yang menjadi tujuan dari sebuah organisasi jika niatnya dilakukan secara bersama.

“Kalau kegiatan macam ini kita laksanakan dengan gotong rotong sebagai amal bakti, saya dukung sepenuhnya,” ucapnya.

Kepada KONI dan Pemkab setempat, YPN hanya meminta restu dan izin agar atlet IPSI OKU dapat mengikuti Porprov di Kabupaten Lahat tahun ini.

“Kita harapkan dukungan KONI dan Pemkab agar para atlet yang dikirim ke Porprov dengan kuota yang banyak,” pintanya.Perihal kendala-kendala yang dihadapi seperti halnya soal dana, tampaknya bukan menjadi masalah krusial baginya.

“Asalkan diizinkan dan dibolehkan, kita siapkan syarat yang memungkinkan kita untuk bertanding. Kami tetap akan verangkat apapun kendalanya,” tegas dia.

Diakhir sambutannya, YPN mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet pencak silat dari sembilan perguruan tersebut.”Junjung tinggi sportifitas. Kerahkan semua kemampuan agar kemudian dapat mengharumkan nama OKU,” demikian YPN berpesan.

Penjabat (Pj) Bupati OKU yang diwakili Asisten I Setda OKU, Kadarisman, memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya Kejurkab IPSI OKU ke 1 ini.

“Salam hormat dan permohonan maaf dari Pak Pj Bupati karena beliau belum bisa membersamai kita hari ini,” ujar Kadarisman memyampaikan pesan Pj Bupati.

Pihaknya juga mengucapkan selamat bertanding kepada para atlet. Dan tentunya diharapkan terjadinya jalinan silaturahmi dan komunikasi yang baik antar perguruan dari Kejurkab tersebut.”Ini bukan pertandingan hidup mati atau pertaruhan kehormatan perguruan, tapi ini pertandingan persaudaraan/ silaturahmi,” pungkasnya.(wid)