Jelang Ramadhan Baznas OKU Gelar Baksos Kesehatan

Edukasi, Ekonomi, Oku, Sumsel101 Dilihat

Baturaja,sebimbing.com – Dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadhan 1443 H, Baznas Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), melakukan bakti sosial dengan menggelar Posko Kesehatan Keliling Klinik Al Afiyah Baznas OKU, yang perdana ini dipusatkan dihalaman kantor Pos Baturaja, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU  Minggu kemarin (28/3/2021).


Sejumlah kegiatan, mulai dari  edukasi hidup sehat hingga  layanan kesehatan gratis kepada masyarakat Umum khususnya kaum duafa digelar secara gratis.Layanan yang diberikan diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis dipimpin oleh dokter Hj. Susy Prihatingsih yang bertindak selaku penanggung jawab medis diklinik Al Afiyah Baznas Kabupaten OKu, hingga Pelayanan trafis oleh tim kesehatan dari Klinik Al Afiah Baznas OKU. 


Layanan Pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan ini  diantaranya adalah Pengukuran Tensi darah, pemeriksaan kadar gula darah, cek kolestrol, cek deabates, asam urat dan konsultasi kesehatan.
Disamping itu masyarakat juga mendapatkan pelayanan obat gratis hingga edukasi cara minum yang benar dari tim kesehatan  Klinik Al Afiah Baznas OKU. 


Selain itu juga ada kegiatan penyuluhan kesehatan pembagian masker dan penyuluhan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 


Kondisi kita saat ini belum bisa dikatakan aman ujar HM. Gufron, S.Km sebagai penanggung jawab kegiatan ini, jadi masyarakat harus terus kita ingatkan agar betul-betul mematuhi protokol kesahatan tegasnya.
Pada kegiatan ini juga  dr. Hj. Susi Prihatingsih yang sehari-hari juga adalah Kepala UPTD Puskesmas Kemalaraja mengharapkan kepada ibu-ibu agar anak-anaknya tetap diimunisasi dan kepada ibu hamil untuk selalu memeriksakan kesehatannya kepada tenaga kesehatan terdekat,  baik kepada bidan desa atau bisa juga ke puskesmas atau minimal ke Pustu  yang terdekat. 


“Tolong anak-anak jangan lupa diimunisasi,  ibu hamil juga tolong diperiksakan kehamilannya. Minimal 4 kali selama periode kehamilan. Jika melahirkan harus difasilitas kesehatan dan wajib ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih”, harap dr. Susi. 


Dalam pelayanan kesehatan perdana yang dilaksanakan oleh Klinik Al Afiyah Baznas OKU ini, Alhamdulillah sudah ada 42 orang yang bisa terlayani di layanan Posko Kesehatan Klinik Al Afiah Baznas OKU pada kegiatan perdana hari ini ujar NS. DKR An Nisa, S.Kep. CPHCT salah seorang Praktisi kesehatan disela-sela kesibukannya melayani masyarakat yang hadir pada kegiatan ini.


Nampak hadir pada kegiatan ini Komisioner Baznas OKU yang dipimpin ketua Baznas OKU  Darman Syafei, SE.M.Si, wakil ketua 1 H. A. Karim, S.Pd.I, Wakil ketua II Drs. H. Khaeri, S.Pd.M.Si dan Wakil ketua III HM. Gufron, S,Km yang juga menjabat pimpinan Klinik Al Afiyah Baznas Kabupaten OKU, dan dr. Hj. Susy Prihatiningsih  selaku Penanggung Jawab Medis Klinik Al Afiyah dan Staff.


Darman Syafei selaku ketua Baznas Kabupaten OKU yang baru saja dilantik bulan januari lalu itu, menyampaikan bahwa kegiatan posko pelayanan kesehatan masyarakat ini adalah merupakan salah satu dari sekian banyak program Baznas Kab. OKU, menurut Darman ada lima kegiatan utama pada Baznas OKU yakni OKU Taqwa, OKU Peduli, OKU Cerdas, OKU Makmur, dan OKU Sehat yang penjabarannya sangat luas.
“Nah kegiatan hari ini adalah bagian dari program OKU sehat, kedepan kegiatan seperti akan banyak kita adakan” ungkap Darman.


Seperti dalam waktu dekat insya Allah pada tanggal 10 April nanti Baznas OKU juga akan membuka pos pelayaan kesehatan di halaman Masjid Ash Solihin Sukaraya sekalian memeriahkan peresmian gedung TPA dan mengikuti Bazar ungkap Darman, menjelang hari raya idul fitri kita juga Insya Allah  akan berbagi dengan kaum Duafa serta mustahiq lainnya.
Selanjutnya  Darman sangat berharap kiranya dunia usaha dan dunia industri ( DuDi), juga ASN serta masyarakat umum agar dapat mensupport kegiatan Baznas ini.


“Kami ingin berbuat yang terbaik bagi kemaslahatan umat khususnya di wilayah Kabupaten OKU, tapi apa daya kemampuan Baznas saat ini sangat terbatas ujar darman, oleh karena itu  darman sangat berharap agar masyarakat utama ASN dan para pengusaha agar dapat menyisihkan rezeki yang telah Allah titipkan kepada mereka untuk sebagian kecil dikeluarkan baik itu berupa zakat maupun infaq ataupun shodakoh, mengeluarkan zakat itu adalah kewajiban bagi kita kamu muslimin ungkap darman, yakinlah ketika kita gemar berbagi pada hakekatnya itulah harta yang akan mengawal kita kelak diakherat, untuk itu  Mari Sehatkan Jasmani dan Rohani kita, Bersihkan Harta Sucikan Hati, kita masuki Ramadhan dengan penuh kebahagiaan dan penuh persiapan” pungkas Darman. (Hms/bzn/wid)