Khitan dan Aqeqah kan Anaknya Kades Peninjauan Adakan Lelang, Hasilnya Mencengangkan

Nasional, Oku, Sumsel586 Dilihat
foto bersama para anggota DPRD OKU bersama Kades Peninjauan Novi Taruna ST

Baturaja,sebimbing.com – Kepala Desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Novi Taruna ST menggelar persedekahan syukuran atas khitanan dan aqekah kedua anaknya pada Rabu (11/1/2023) di kediamannya di desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan.

Dalam gelaran itu Kades mengundang ribuan tamu undangan, di kesempatan itu Novi Taruna sengaja menggelar acara adat istiadat yang biasa digelar di Kecamatan Peninjauan berupa lelang ayam dan kue kepada tamu undangan yang hadir.

Hasilnya, cukup mencengangkan dimana pada sesi lelang itu, diketahui terkumpul uang sebanyak Rp 281 juta rupiah. Tentu hasilnya ini terbilang banyak.

Novi Taruna dalam sambutannya mengungkapkan jika dirinya sengaja menggelar persedekahan untuk syukuran atas khitanan dan aqekah kedua anak kesayanganya dengan mengundang para keluarga, kolega, handaitulan dan hampir seluruh anggota DPRD OKU.

“Saya ucapkan ribuan terima kasih kepada para undangan yang telah berkesempatan hadir dalam acara syukuran aqekah dan khitanan anak saya. Sengaja Dalma acara ini diadakan lelang karena acara ini merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak lama di wilayah Ulak (peninjauan) ini,” ucap Novi Taruna.

Dijelaskan Novi, lelang yang kerap di gelar di wilayah Peninjauan termasuk di acara syukuran yang digelarnya, merupakan hutang yang suatu saat akan di bayar pada acara yang sama terhadap orang, kerabat, kolega, sahabat, serta tamu undangan yang memenangkan lelang. Ia menjelaskan lelang yang digelar hampir sama dengan arisan yang pada waktunya nanti semua akan kebagian gilirannya.

“Jika nantinya sahabat, kolega, atau para tamu undangan sekalian menggelar acara yang sama, jangan lupa selipkan undangan untuk saya. Saya berkewajiban untuk membalas apa yang telah dilakukan terhadap saya. Yang jelas adanya lelang ini bukan saya buntu,”Kata Novi Taruna.

Diketahui, lelang terbesar ada acara syukuran Aqekah dan khitanan Novi taruna itu bernilai sebesar 50 juta rupiah. Angka itu terus menurun menjadi 30 juta, 20 juta, 15 juta, 10 juta, 5 juta, 3 juta, 2 juta, 1 juta serta yang paling kecil bernilai 500 ribu rupiah.

Namun, informasi lelang tersebut berlanjut pada malam harinya. “Terima kasih kepada para tamu undangan termasuk para Anggota DPRD OKU serasa kantor DPR pindah kerumah saya,” Ucap Novi. (Dr)