Kodim 0403 OKU Bersihkan Selokan dan Tumpukan Sampah di Kawasan Pasar Baru Baturaja

oleh -77 Dilihat
Anggota Kodim 0403 OKU saat membersihkan sampah di pasar Baru. Terlihat beberapa kawasan bersih

Baturaja,sebimbing.com – Karya Bakti TNI yang digelar Kodim 0403 OKU menyasar ke Pasar Tradisional di Bumi sebimbing sekundang, kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Ke-78 Kodam II/Sriwijaya ini dilakukan dengan mebersihkan sampah dan saluran air di seputaran kawasan Pasar Baru Baturaja, Kamis (7/12/2023).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Dandim 0403/OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine dan dihadiri Sekda OKU Dharmawan Irianto S.Sos, MM., bersama para OPD terkait dan stakeholder lainnya.

“Seperti yang saya katakana beberapa waktu yang lalu kita ingin memberikan stimulant kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungannya, kita juga ingin membangkitkan kembali budaya gotong royong yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat,” kata Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine saat dibincangi portal ini usai kegiatan.

Dikatakan Dandim kegiatan Karya Bakti TNI ini mendapat support dari pemkab OKU, Kodim 0403 OKU bersama stakeholder melakukan pembersihan secara masif agar diharapkan pada masa musim penghujan ini tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti bencana alam banjir dan penyakit-penyakit yang timbul akibat tumpukan sampah ini.

Dandim mengecek dan terjun langsung ikut membersihkan selokan yang dipenuhi sampah

Dalam kegiatan itu melibatkan sedikitnya 90 orang anggota TNI. “Kalau bersama dengan Stakeholder dan Pemkab OKU kurang lebih berjumlah 200 orang yang mengikuti pembersihan karya bakti ini,” sebutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kodim 0403 OKU, di OKU sendiri telah dilakukan mitigasi bencana dan pembersihan pasar baru Baturaja, sedangkan di OKU timur pembersihan saluran irigasi menuju kesungai serta kegiatan reboisasi atau penghijauan dan penanaman tanaman di wilayah OKU selatan.

“Harapan kami kegiatan ini dapat berkesinambungan dan kedepannya kami juga akan melaksanakan kegiatan lain bersama Koramil dan Kecamatan melaksanakan pembersihan pada jalur-jalur yang telah kami mapping yang rawan terjadi banjir,” tandasnya.

Sementara itu Sekda OKU Dharmawan Irianto S.Sos, MM., menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka untuk menjaga kebersihan lingkungan di Kabupaten OKU dan juga pembersihan ini sebagai bentuk untuk mengantisipasi terjadinya banjir serta dalam rangka mencegah berkembang biaknya hama nyamuk akibat tumpukkam sampah yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

“Kami Pemerintah Kabupaten OKU sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta mendukung penuh atas kegiatan yang di laksanakan oleh Kodim 0403/OKU dalam rangka HUT Ke-78 Kodam II/SWJ ini. Dan kegiatan ini akan berlanjut dalam rangka kita menjaga kebersihan di wilayah kita khususnya di Kabupaten OKU”, ungkapnya.

Disinggung apakah akan ada penegasan untuk menangani masalah sampah yang tak ada habisnya di wilayah Pasar Baru, dikatakan Darmawan pihaknya akan memberikan himbauan dan surat edaran kepada para pedagang agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran air. “Namun jika sudah kita himbau dan kita ingatkan dengan surat edaran masih tetap membandel mukin akan kita lakukan tindakan tegas dengan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya. (Wid)

No More Posts Available.

No more pages to load.