Kormi OKU Galakkan Permainan Tradisional, Ajak Pengurus Bermain Cak Lingking

Pengurus KORMI Kabupaten OKU saat mencoba permainan tradisional Cak Lingking di GOR Baturaja, Jumat (19/2/2021).

Baturaja,Sebimbing.com – Untuk membangkitkan olahraga/permainan tradisional dan mengenang nostalgia permainan tradisional, pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), bernostalgia mainan CakIngking di halaman Gedung Olahraga (Gor) Baturaja pada Jumat (19/2/2021).


“Tahap awal ini kita bernostalgia dulu untuk seluruh pengurus”ujar Ketua Kormi OKU Rakhmat Saleh disela acara tersebut.


Tujuanya kata Rakhmat, tidak lain kembali memperkenalkan permainan tradisional yang selama ini telah dilupakan khususnya dikalangan generasi muda.


“Sebelum kita mengajak yang lain kepengurusan juga harus tau dan ingat,”tambah Rakhmat.


Di OKU permainan cak lingking lebih dikenal dengan cak ingking, permainan cak lingking dijelaskan Rakhmat biasanya dilakukan oleh anak-anak perempuan, tapi ada juga anak laki-laki yang ikut bermain.

 
Permainan cak lingking diungkapkan dia adalah permainan yang juga banyak ditemukan di daerah lain dengan nama yang sama ataupun berbeda. Permainan ini sering dimainkan pada waktu senggang di sore hari di halaman rumah penduduk atau dimainkan oleh anak-anak untuk mengisi waktu istirahat di sekolah.


“Program ke depan KORMI OKU akan menggalakkan permainan yang dulu biasa kita mainkan waktu Kecil. Di galakkan ke sekolah maupun ke kantor-kantor. Jadi orang tanpa disadari bermain sambil olahraga karena sifat olahraga di Kormi ini massal dan bisa dilakukan oleh semua umur,”tukas Rakhmat.(dor)