Ombusdman Sidak Disdukcapil OKU Hasilnya Mengejutkan

Edukasi, Nasional, Oku, Sumsel210 Dilihat
tim Ombusdman RI wilayah Sumsel saat menanyai masyarakat di Disdukcapil OKU

Baturaja,Sebimbing.com – Ombusdman RI perwakilan Sumatera Selatan mengadakan kunjungan sidak pada pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu,hasilnya dari pengakuan masyarakat pelayanan disana dinilai lumayan memuaskan.

Dinas kependudkan dan Pencatatan Sipil Ogan Komering Ulu disidak tim Ombusdman RI perwakilan Sumatera Selatan,dari sidak tersebut terhadap pelayanan disana tim Ombusdman mengaku tidak ditemukan catatan khsusus yang membuat pelayanan disana dikeluhkan masyarakat.

Hal itu mereka temukan saat menanyai masyarakat secara acak saat pelayanan di kantor tersebut.Ombusdman Sumsel mengaku walau begitu pihaknya tetap akan mengawasi setiap kantor pelayana khususnya di Disdukcapil, oleh karen itu pihaknya dengan siaga membuat laporan pengadun yang telah dipasang di sentra pelayanan kantor tersebut.

Masyarakat diharapak untuk tidak takut dan kebingungan melaporkan setiap ketidaknyamanan pelayanan di dinas dinas khsusnya pelayanan publik.“Sejauh ini lapiran nya bagus itu kami dapat dari masyarakat” kata Rahma Awaliah Penerimaan dan perivikasi laporan Ombudsman Sumsel saat ditanya wartawan usai kegiatan itu,Kamis (24/03/2022).

Ombusdman Sumsel sendiri tidak menuhtup kemungkinan akan kembali ke Disdukcapil OKU, secara diam diam bahkan menyamar, hal ini dilakukan tidak lain menggali secara utuh informasi dari masyarakat, sehingga tidak ada ketimpangan informasi.

“Tentu kalau sidak tidak menutup kemungkinan yang akan dilakukan tim lain, namanya sidak tentu diam diam kapan waktunya tunggu saja. Yang jelas hari ini kami membuka keran pengaduan disini bagi masyarakat ini data awal kami,”tukasnya.

Sementara itu pihak Disdukcapil Ogan Komering Ulu mengaku kedatangan Ombusman ini sangat membantu pihaknya untuk memperbaiki pelayanan disana.

“Tentunya ini jadi motivasi kami untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Terima kasih kepada pihak Ombusdman”ujar Sekdin Disdukcapil OKU, Suryadi.

Dikatakan Suryadi pihaknya tentu tidak jumawa ataas keberjhasilan ini dan akan terus meningkatkan pelayanan dan siap dikiritik.(dr)