Polsek Baturaja Timur Tangkap Agus Kancil Pelaku Spesialis Penipuan Dan Penggelapan Sepeda Motor

Hukum, Kriminal, Oku, Sumsel416 Dilihat
Kapolsek Baturaja Timur AKP Hamid SH didampingi Wakapolsek IPTU Dedy dan Kanit Reskrim Polsek Timur IPDA Yendra Aprizal saat menggelar Press Release di halaman Mapolsek Baturaja Timur

Baturaja, sebimbing.com – Polsek Baturaja Timur OKU menangkap Agus Irawan (23)
alias Agus Kancil Warga Jl Dr Sutomo Kampung Jaya 1 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU,pelaku spesialis penggelapan dan penipuan sepeda motor yang meresahkan.

Pelaku diamankan Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur dipimpim kanit Reskrim IPDA Yendra Aprizal SH saat berada di tempat persembunyiannya di Desa Wayhalom Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur pada Kamis (15/9/2022).

“Pelaku ini sudah kita buru sejak lama, pelaku berhasil diamankan oleh Tim Opsnal kita pada pukul 21.30 WIB,” kata Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo SIK melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Hamid SH didampingi Wakapolsek IPTU Dedy dan Kanit Reskrim Polsek Timur IPDA Yendra Aprizal saat menggelar Press Release di halaman Mapolsek Baturaja Timur, Jum’at (16/9/2022).

Dituturkan Kapolsek, aksi pelaku dapat terungkap setelah menggelapkan sepeda motor Suzuki Satria FU warna hitam Nopol BG-5776-FX, nomor rangka MH8BG41CADJ946245 nomor mesin G420-IDI026912 milik korban Rendi Raka (28) warga kelurahan Baturaja Lama Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

“Dalam menjalankan aksinya pelaku selalu melakukan tipu daya terhadap korbannya. Modusnya pelaku sok kenal dengan korbannya, Pelaku meminta kepada korban untuk mengantar pulang, kemudian ditengah jalan korban memberi uang kepada korban dan meminta korban membelikan rokok, saat itulah pelaku membawa motor korban kabur,” tuturnya.

Menurut Kapolsek, pelaku telah beberapa kali menjalankan aksinya dengan modus yang sama. “Menurut keterangan pelaku audah 5 kali menjalankan aksinya, terakhir kita mengamankan barang bukti berupa satu unit motor Satria FU milik korban Rendi yang dibawa kabur oleh pelaku,” tukasnya

Sementara itu Agus Kancil kepada awak media mengaku sudah sering melakukan aksinya di OKU, aksinya kerap dilakukan di Kawasan KPR Sukajadi, kemudian Kemelak dan lokasi lainnya.

“Pura-pura kenal saja pak, saya merayu korban untuk minta tolong diantar pulang kemudian korban saya kasih uang dan disuruh beli rokok, nah saat itulah motornya saya bawa kabur,” tuturnya.

Disebutkan pria yang mengaku Duda ini, motor yang berhasil di gelapakan berupa jenis motor Beat, CB, dan Satria FU, kemudian pelaku menjualkan barang hasil pengelapannya ke wilayah kabupaten OKU Timur.

“Disana saya cuma ngoper saja, satu motor harganya Rp 4 Juta, hasilnya saya pergunakan untuk keperluan sehari-hari dan untuk bayar kos-kosan pak,” tandasnya. (sdr)