PSU, Juanda Kades Terpilih Desa Kedondong, Aparat Siaga Hingga Selesai

oleh -743 Dilihat
suasana Penghitungan Suara PSU Desa Kedondong oleh Panitia

Baturaja,sebimbing.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkades Kedondong Kecamatan Peninjauan yang di gelar dilapangan Volly samping kantor Desa berlangsung Kondusif, Minggu (16/10/2022).

Hasilnya, calon Kades Nomor urut 2 Juanda berhasil mengungguli 2 calon kades lainnya dengan perolehan 170 Suara. Sedangkan calon kades Nomor Urut 1 Jon Hendra (petahana) memperoleh 106 suara dan Calon nomor urut 3 Rahmad memperoleh 115 Suara.

“Kita beryukur proses PSU ini berjalan kondusif dengan dijaga ketat oleh Aparat Kepolisian dan TNI, hasilnya seperti yang kita lihat dan ikuti tadi calon nomor urut 2 Juanda unggul dari calon lainnya,” Kata Ketua panitia Pilkades Kedondong Sukardi didampingi Zainal wakil ketua Panitia dibincangi usai proses penghitungan suara.

Dikatakan Sukardi, jumlah DPT Pilkades yakni 452 mata pilih dari jumlah itu 3 orang meninggal dunia. Hasilnya DPT pada PSU ini sebanyak 449 Mata pilih.

Surat suara ditambah 2 % dari DPT totalnya sebanyak 461 surat suara. “Surat suara terpakai 392 lembar, sedangkan surat suara tak terpakai 69 lembar (termasuk tambahan 2%) sebutnya.

Untuk partisipasi pemilih atau suara sah sebanyak 392 orang yakni Laki-laki 193 orang sedangkan perempuan 199 orang. “Untuk surat suara sah 391 lembar dan blanko 1 lembar,” rincinya.

Pantauan dilapangan hingga akhir proses penghitungan suara berlangsung kondusif dan aman.

Sementara untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas pada Pemungutan Suara Slang (PSU) Pilkades Desa kedondong Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU, Polres OKU menerjunkan sebanyak 45 personel untuk mengamankan jalan nya pemungutan suara pada Minggu (16/10/2022. Pengamanan Pilkades Desa Kedondong itu di hadiri oleh Wakapolres OKU Kompol Asep Supriadi, SH, Kabag OPS Kompol Yulfikri, Kasat Intel AKP Hendri Antonius, Kanit II subdit 1 ditintelkam Polda Sumsel Kompol M.Yunus, Kapolsek Peninjauan Iptu Mardani, Kapolsek Sinar Peninjauan Iptu Holdon Kepala Dinas PMD Ahmad Firdaus, PLT Camat peninjauan Ahmad Hidayat.

Dibincangi portal ini di sela pelaksanaan pemungutan suara, Waka polres Oku Kompol Asep Supriadi, didampingi Kasat Intel Polres OKU AKP Hendri mengatakan desa kedondong merupakan satu – satu nya desa di OKU yang melaksanakan pemungutan suara ulang. Hal tersebut tentu menjadi perhatian bagi polres OKU untuk turut mengamankan lantaran di khawatirkan terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Dari pantauan kita ternyata sejauh ini semuany berjalan sesuai rencana dan kondusif, Namun kita tetap siagaka sebanyak 45 personel polres OKU untuk pengamanan di TPS,” ujar Wakapolres.

Selain itu, kata Kompol Asep, pihaknya juga men standby kan personel sebagai prmback up di Mapolres OKU. Di tambah juga dengan rayonisasi personel Polsek dari Polsek Lubuk Batang dan Polsek Sinar Peninjauan.

“Selain yang ada di TPS juga kita siagakan personel back up yang saat ini standnh di polres OKI sebanyak 130 personel di tambah rayonisasi dari Polsek lubuk ayang dan sinar peninjauan yang standby di Polsek nya amsing – masing,” kata dia.(wid)

No More Posts Available.

No more pages to load.