PT Minanga Ogan Ingkar Janji Ratusan Karyawan Kembali Unjuk Rasa

Nasional, Oku, Sumsel164 Dilihat
ratusan karyawan PT Miananga Ogan saat unjuk rasa

Baturaja РRatusan Karyawan PT. Perkebunan Minanga Ogan kembali menggelar demo penuntutan gaji untuk bulan Mei dan Juni ditambah Tunjangan Hari Raya (THR) yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan tersebut, aksi itu dilangsungkan pada Kamis (2/7/2020). 

Sebelumnya  pada bulan April lalu ratusan karyawan PT. Perkebunan Minanga Ogan menggelar demo penuntutan pembayaran gaji bulan Januari hingga Maret yang berakhir dengan pengrusakan kantor region, 
Koordinator aksi yang merupakan ketua serikat SPTP (Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan ) Erlan Noperi mengatakan tuntutan Ratusan karyawan tersebut masih sama seperti yang dulu yakni masalah pembayaran gaji.

” Para karyawan ini menuntut pembayaran gaji mereka bulan mei dan Juni di tambah THR idul Fitri kemarin yang juga belum di bayarkan Minanga. dan mereka menuntut pembayaran tersebut di bawah tanggal 15 Juli ini.” ujar Erlan.

selain itu, kata dia THR yang seharusnya di bayarkan sebelum lebaran juga belum di bayar. ” janji Minanga akan di bayarkan di bulan Juni sebesar 50%. tapi nyatanya hingga hari ini belum di bayar juga.

Sementara kebutuhan para karyawan ini sudah sangat mendesak. apalagi anak sekolah sebentar lagi akan masuk sekolah. otomatis biaya akan lebih banyak lagi.” Kata Erlan lagi.

Dijelaskan Erlan, dari aksi demo yang di gelar di depan kantor Minanga tersebut pihka perusahaan melalui Presiden direktur minaga Ogan Mona yang berkomunikasi terhadap karyawan melaui saluran video Call berjanji akan membayarkan gaji para karyawan tersebut pada tanggal 15 Juli mendatang. ” Ibu Mona selaku presiden direktur tidak menyanggupi jika pembayaran gaji itu di bawah tanggal 15. namun ia berjanji akan melunasinya pada tanggal 15 Juli dan para karyawan pun sepakat dan menerima keputusan itu. Namun jika pihak perusahaan mungkir lagi, ya kita akan menentukan sikap lagi.” lanjut nya.

Skitar 150 personel dari polres Oku, Polsek Lubuk Batang, Polsek Semidang Aji dan Polsek Baturaja Timur di tambah personel Koramil 403-13 lubuk batang dan anggota kodim 0403 OKU di kerahkan untuk mengamankan aksi para karyawan Minanga Ogan tersebut.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga Sik.mh Melalui Wakapolres OKU Kompol Edi Rahmat Mulyana SIK. MH. Mengatakan di terjunkan nya lebih banyak personel dalam pengamanan aksi demo karyawan Minanga Ogan kali ini bertujuan agar tidak terulangnya aksi anarkis karyawan seperti kejadian sebelumya.

” ini untuk antisipasi agar tidak terjadi rusuh seperti bulan April kemarin. makanya kita terjunkan personel gabungan dari polres dan beberapa Polsek di tambah dari anggota kodim dan Koramil Lubuk Batang .” Ujar Wakapolres.

Sementara pihak perusahaan belum bisa dikonfirmasi, Diki Humas Minaga Ogan dan Legal saat dihubungi melalui sambungan WA tak menjawab sama sekali.(dr)