PUPR OKU Mulai Bangun Kantor Kejari OKU, Pj Bupati dan Kajati Letakan Batu Pertama Pembangunan

Nasional, Oku, Sumsel548 Dilihat
Kajari OKU, Pj Bupati dan Kajati Letakan Batu Pertama Pembangunan

Baturaja, sebimbing. Com – Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mulai melaksanakan pembangunan kantor baru Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU. Diketahui lahan yang disiapkan seluas satu hektar di kawasan jalan Ahmad Yani Kemelak Baturaja Timur tepatnya di samping rumah Dinas Wakil Bupati OKU. 

Ground breaking pembangunan tahap satu itu langsung dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Selatan Sarjono Turin SH MH untuk peletakan baru pertama dikawasan itu Selasa (8/11/2022). Bahkan saat sambuntanya Kajati mengaku ini merupakan sejarah tersendiri. 

“Terima kasih. Saya sudah ke kantor yang saat ini ditempati memang sudah tidak layak. Oleh sebab itu bagi saya tidak masalah keterlambatan ini tapi yang lebih penting actionnya. Perlu disadari ini sejarah bagi pak Bupati karena dizaman ya pembangunan ini terealisasi, “ucap Kajati didampingi Kajari OKU.

Dikatakanya, guna meningkatkan pelayanan dan kondisi usia bangunan kantor saat ini memang harus ada pembangunan baru. 

“Kalau melihat lokasi cukup luas. Ngak masalah saya bersyukur sekali tadi sempat melihat kantor lama memang sudah saatnya harus ada pembangunan baru karena kantor saat ini seperti bangunan rumah luasnya hanya 500 meter persegi. Sementara Jaksa dan pegawai lainya berjumlah 62 personil jadi sangat sangat sempit. 

Dengan adanya hibah kantor baru ini Terima kasih kepada pak bupati OKU dan rasa syukur kami sampaikan, “katanya.

Kejati mengaku walau pembangunan ini dua tahap namun pihaknya berharap anggaran selanjutnya bisa diselesaikan sehingga kantor ini bisa sesuai target yang diharapkan dan menjadi primadona baru di OKU. 

” Pesan saya tepat guna tepat waktu tepat anggaran, kerjakanlah sesuai kontrukasi yang ada”pesan kejati. 

Sementara itu Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengatakan, rancangan pembangunan gedung ini dilakukan pada zaman ayahandanya Alm H Kurang Azis untuk mencetuskan pembangunan gedung baru Kejari OKU. Hal itu dilakukan tentu dengan pertimbangan yang matang untuk mendukung pemerintahan OKU yang bersih dan membantu masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan dapat maksimal dilakukan Kejari OKU. 

“Hasil diskusi bersama saat itu Alm ayahnda kami menginisiasi pembangunan ini untuk dianggarkan dan dihibahkan tanah ini. Semoga pembangunan ini bisa berjalan dengan baik demi melayani masyarakat,ujar Teddy. 

Disisi lain Kepala Dinas PUPR OKU Chandra Dewana menjelaskan pembangunan ini baru tahap satu dan menelan anggaran 7 Milyar lebih yang dibangun di lahan seluas 10 ribu meter persegi, dengan tahap awal lantai satu dan pondasi menggunakan APBD OKU dengan target 68 hari kalender. 

“Total keseluruhan menelan dana 37 Milyar lebih. Untuk tahap awal baru 7 Milyar target selesai satu tahun dengan kondisi bangunan dua lantai dan meliputi lapangan upacara area parkir gudang penyimpanan dan lainya, ” Tutur Chandra. (Wid)