Rajin Donor Darah Atas Dasar Kemanusian, Aipda Hadi Bhabinkamtibmas Mengaku Ikhlas 

Aipda Hadi Suhendra SE MM Bhabinkamtibmas Desa Tubohan dan Desa Keban Agung Polsek Semidang Aji Polres OKU Polda Sumsel saat mendonorkan darah.

Baturaja,sebimbing.com – Atas dasar peduli terhadap sesama dan kemanusian, Aipda Hadi Suhendra SE MM Bhabinkamtibmas Desa Tubohan dan Desa Keban Agung Polsek Semidang Aji Polres OKU Polda Sumsel rajin mendonorkan darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten OKU

Seperti yang dilakukanya pada Minggu (8/1/2023) dirinya mendonorkan darah untuk membantu seorang Ibu yang akan melahirkan di Rumah Sakit.

Dirinya mengaku jika ada seseorang yang menghubingnya dan meminta bantuan darah. Tak berfikir panjang Aipda Hadi langsung mengiyakan untuk mendonorkan darahnya kepada seorang Ibu yang sebelumnya tidak dikenalnya. 

“Iya kebetulan darah yang dibutuhkan sama dengan darah saya. Namanya ibu Leni yang saat ini sedang terbaring di rumah sakit menunggu proses kelahiran anaknya. Menurut Dokter ibu ini membutuhkan transfusi darah dengan golongan darah AB demi kelancaran dan keselamatan proses kelahiran operasi,”tutur Hadi. 

Dirinya langsung menuju kantor PMI OKU, Aipda Hadi bertemu dengan  suami dari ibu yang akan melahirkan tersebut, dan langsung saja petugas PMI Kabupaten OKU di dampingi Ketua PMI OKU Yunizir Djakfar  melakukan proses Pengambilan donor. 

“Alhamdulillah hari ini saya bisa membantu mendonorkan darah saya untuk seorang ibu yang akan melahirkan anaknya  secara operasi cesar, mudah mudahan dengan darah saya ini dapat membantu memperlancar Proses kelahiran sang ibu. Semoga hamba Allah yang menerima donor darah tersebut di permudah proses kelahiran anak nya, semua sehat sempurna baik ibu dan anak nya. Mari Kita Peduli Untuk Sesama,”tutur Hadi. 

Terlihat suami dari ibu yang akan melahirkan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Aipda Hadi yang telah membantu secara ikhlas untuk mendonorkan darah kepada istri nya. 

“Saya memang rutin donor darah dalam waktu 3 bukan sekali ada atau tidak yang membutuhkan. Semoga hal ini bisa dirasakan membantu,” Tutur Hadi. 

Diungkapkan Hadi mengapa dirinya rutin mendonorkan darah karena merupakan salah satu kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu antar sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah. Namun, bila ditelisik dari segi kesehatan, mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkanya. Tapi, sebagai pendonor, turut mendapatkan manfaat besar bagi kesehatan diri sendiri ketika rutin mendonorkan darah. 

“Yang saya tau mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulas darah akan mejadi lebih baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat serta mengurangi risiko menderita penyakit jantung.Membakar kalori. Ketika darah yang didonorkan misalnya sebanyak 450 ml, maka akan kehilangan sekitar 650 kalori dan lainya,”tutup Hadi. (Dr)