Rusak Diterjang Banjir Jembatan Gantung Desa Karang Agung, Pembkab OKU Wacanakan Bangun Jembatan Permanen

Berita, Nasional, Oku, Sumsel35 Dilihat
Pengecekan jembatan di desa Karang Agung oleh pemkab OKU

Baturaja, sebimbing.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan melakukan perbaikan Jembatan Gantung Desa Karang Agung Kecamatan Baturaja Barat yang rusak akibat diterjang luapan arus sungai ogan pada jum’at (16/2/2024) lalu.

Hal itu diketahui setelah Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd diwakili Asisten I Setda OKU Indra Susanto MAP didampingi Kapala BPBD OKU Januar Efendi, Kepala BKAD OKU Setiawan, Dinas PUPR dan pihak terkait lain turun langsung meninjau kondisi terkini jembatan tersebut untuk dilakukan perbaikan.

“Sesuai dengan intsruksi dari Bapak Pj Bupati OKU, jembatan ini akan diperbaiki dengan penanganan darurat dahulu, sehingga aktifitas masyarakat yang menggunakan jembatan ini tidak terganggu baik yang dari Desa Induk (Karang Agung red) maupun ke dusun atau perkampungan dan perkebunan warga setempat,” kata Asisten I Setda OKU Indra Susanto saat dibincangi portal ini usai kegiatan.

Dikatakan Indra, Seluruh OPD Teknis terkait telah menysun rencana terutama Dinas PUPR dan BPBD OKU yang telah mengambil langkah cepat, sehingga dampak dari putusnyanya jembatan ini tidak terlalu signifikan bagi masyarakat setempat.

“Kita telah memikirkan jembatan ini untuk jangka panjang, setelah perbaikan jembatan kita akan melakukan perencanaan, pengkajian anggaran untuk wacana pembangunan jembatan permanen, sehingga lebih representative, serta bermanfaat dalam mendorong pembangunan di OKU,” ujarnya.

Sementara ini Indra mengimbau untuk masyarakat khususnya Desa Karang Agung untuk tidak meniti atau melintasai jembatan untuk menyebrangi sungai ogan apa lagi sampai bergantungan yang dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat itu sendiri. 

“Kita sudah koodinasi dengan Kades Karang Agung agar menghimbau masyarakat tidak dulu menggunakan jembatan gangtung ini apa lagi dalam kondisi seperti ini (rusak parah), dikhawatirkan akan membahayakan, terutama anak-anak tolong diberitahu agar tidak melintasi jembatan ini, ini sangat berbahaya,” tukasnya.

Sementara itu Kepala Desa Karang Agung M Subri berharap jembatan ini dapat segera diperbaiki, dijelaskannya jembatan gantung ini menjadi jalur utama bagi masyarakat Desa Karang Agung yang menghubungkan Desa Induk dengan perkampungan serta perkebunan warga setempat. “Harapan kami bisa segera diperbaiki, apa lagi jembatan ini menjadi jaliur utama bagi masyarakat,” harapnya.

Dituturkannya, ada sebanyak 30 Kepala Keluarga yang tinggal diseberang jembatan tersebut serta perkebunan warga. Menurutnya ada jalur lainnya namun harus memutar jauh dengan jarak tempuh sekitar 30 KM. “Ada dari jalur Desa Batu Putih tapi harus mutar jauh, kalau dari jembatan ini jarak tempuh hanyak 7 KM, diseberang jembatan ini juga bisa tembus ke Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap,”tukasnya.