Semua Masyarakat Diharap Bisa Jadi Pengawas Pemilu

Nasional, Oku, Politik172 Dilihat
Kasat Intelkam Polres OKU AKP Hendry Antonius (kiri) saat ikut menjadi pemateri sosialisasi pengawasan pemilu

Baturaja,sebimbing.com – Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten OKU dalam beberapa hari ini menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu. Bawaslu OKU mengajak Ormas dan mahasiswa serta masyarakat untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 sebagai pengawas Partisipatif. 

Sosialisasi ini dilakukan untuk mengajak masyarakat agar bersama sama melakukan pengawasan di setiap tahapan Pemilu. Pematerinya tidak hanya pihak bawaslu namun, pihak kepolisian pun dilibatkan. 

“Ya tadi kami dilibatkan sebagai pemateri dari Polres OKU. Kita harap semua bisa menjadi pengawas pada Pemilu mendatang serta tetap menjaga kondusifitas di tahun Politik ini,” Ujar Kasat Intelkam Polres OKU AKP Hendry Antonius, (6/12/2022). 

Ketua Bawaslu OKU menambahkan pengawasan partisipatif ini diharapkan dapat membantu kinerja Bawaslu OKU. Mengingat Bawaslu sendiri kekurangan SDM dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan maupun peserta Pemilu. 

“Kami menyadari kalau untuk mengawasi pemilu SDM kami tidak cukup, dimana di Bawaslu OKU sendiri hanya ada tiga orang dibantu masing masing lima orang ditingkat kecamatan serta satu orang disetiap desa. Oleh sebab itu kita harapkan masyarakat bisa ikut terlibat pengawasan pada saatnya nanti, “jelas Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya. 

Saat ini menurut Dewantara pihaknya tengah fokus mengawasi uji petik anggota partai politik. (Dr)