Siswa SMK N 3 OKU Antusias Ikuti Pembekalan Persiapan Memasuki Dunia Kerja Industri dan Wirausaha

foto bersama dengan para siswa, guru dan pemateri serta anggota IKA SMK N 3 OKU usai acara pembekalan bagi calon alumni

Baturaja,sebimbing.com – Siswa kelas XI SMK Negeri 3 Ogan Komering Ulu (OKU),antusias ikuti pembekalan persiapan memasuki dunia kerja industri dan wirausaha yang diikuti semua jurusan.

Kegiatan yang dimotori Ikatan Alumni STM /SMK Negeri 3 OKU bekerjasama dengan pihak sekolah itu diikuti hampir 400 siswa yang diselengarakan di aula SMKN 3 OKU pada Rabu (1/6/2022) yang juga dihadiri Kepala Sekolah SMK N 3 Berkat Hanapi serta dewan guru.

Menghadirkan pembicara para alumni yakni M Saleh Tito pengusaha bubuk kopi yang juga anggota DPRD OKU, Sumarno yang saat ini owner Voulunter bergerak di bidang percetakan digital,Meriadi ST MM karyawan PT Semen Baturaja membahas berbagai hal terkait kamana dan apa yang akan dilakukan para siswa selepas lulus dari sekolah.

Dalam pembekalan itu para pemateri lebih memberikan motivasi kepada calon alumni untuk mengembangkan bakat serta berwirausaha dengan kemampuan soft skill yang mereka miliki selama menempuh pendidikan.

Seperti yang disampaikan M Saleh Tito dalam kesempatan itu dihapadan ratusan siswa, Tito memberikan motivasi menghadapi bursa dunia kerja, Tito menyebutkan para adik adik untuk tidak takut memulai sesuatu.

“Kami merasakan susahnya setelah lulus, saya tumbur sama senggol kiri kanan ada kesan kesanya mungkin tidak bisa mematikan tapi minimal menghambat “kecelakaan” tidak keras dan tidak mematikan inilah pentingnya pembekalan”ucap Tito.

Tito menyebutkan untuk memulai usaha dan sebagainya mulailah dari hal yang kecil sehingga resiko tidak terlalu besar sehingga bisa berkelanjutan dan belajar dari kegagalan.

Sementara itu Sumarno yang menyampaikan kita berwirausaha juga menjadi santapan para siswa yang hadir saat itu, para siswa antusias untuk bertanya kiat memulai berwirausaha.

Dalam pesannya Sumarno menjelaskan ada empat pilihan setelah lulus pertama bekerja di perusahaan kedua memulai bisnis ketiga melanjutkan kuliah keempat mengembangkan skill bersama mentor.

Menurut Marno sapaan akrabnya dari keempat pilihan itu yang tepat sesuai jenjang pendidikan SMK, kenapa demikian supaya dapat mencapai strategi bersaing yang kompeten dimasa depan, sebab proses kreatif fan inovatif biasanya diawali dengan munculnya ide dan pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda untuk dijadikan suatu peluang.

Marno menjelaskan ada lima cara memulai bisnis dari nol pertama tentukan ide bisnis yang akan ditekuni, menciptakan visi dan misi bisnis, bertidaklah,  selanjutnya menghadapi hambatan dan kegagalan dan belajar melakukakan pengamatan.

“Saat ini masih banyak terpaku dengan bekerja diperusahaan  atau asn yang bisa memberikan jaminan di hari tua. Oleh sebab itu lihat potensi diri kamu belajar kisah dari para pengusaha ikuti pelatihan seminar, pelatihan atau sharing. Sebab pilihanmu akan menentukan nasibmu kedepan,” ucap Marno.

Sementara itu kepala sekolah SMK N 3 OKU, Berkat Hanapi mengapresiasi kegiatan pembekalan untuk para siswa yang akan lulus yang diselenggarakan Ikatan Alumni sebab SMK N 3 OKU tidak ingin menjadi penyumbang penggangguran khususnya di OKU. Oleh sebab itu para siswa harus belajar dan mencontoh para senior yang suskses sehingga bisa mengharumkan nama sekolah, guru serta orang tua.

“Terima kasih atas kegiatan ini.  Kita juga ditantang eksekutif mau dibawa kemana para lulusan SMK. Oleh karena itu kedepan kita harap ada hal sekecil apapun itu bisa disumbangkam di OKU jangan jadi penyumbang pengangguran. Jadilah wirausahawan yang tangguh dan Pola fikir anak anak harus dirubah jadi pengusaha yang sukses yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau menelurkan temuan temuan untuk memajukan daerah kita”tukas Hanapi.(dr)