Tak Mau Hanya Seremoni, Kajari OKU: 10 Rumah RJ Diresmikan Sudah Lalui Tahap Mapping Data Kriminal

Berita, Edukasi, Hukum, Oku, Sumsel54 Dilihat
Secara simbolis peresmian rumah Restorative Justice oleh Kajari OKU Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah di kelurahan Kemalaraja

Baturaja,sebimbing.com – Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu (OKU), mencatat ada sepuluh wilayah di OKU yang peta kriminalitas yang dinilai cukup rawan kasus yang bisa diselesaikan secara Restorative Justice (RJ). 

Hal itu diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri OKU Hoirun Parapat saat meresmikan 10 tempat rumah RJ desa dan kelurahan yang kegiatanya secara resmi dipusatkan di Kelurahan Kemala raja OKU, Selasa (19/3/2024). 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah, Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, Ketua DPRD OKU Marjito Bahri para kepala OPD, camat Lurah kepala Desa serta tamu undangan lainya. 

“Tahun 2024 ini ada 10 rumah RJ yang kita resmikan di beberapa desa dan kelurahan di OKU, ” Ucap Kajari OKU Hoirun Parapat saat ditanya wartawan usai kegiatan.

Hoirun Parapat mengungkapkan kesepuluh rumah RJ itu meliputi di Kelurahan Kemala raja, Desa Air Paoh, Kelurahan Talang Jawa dan Kelurahan Saung Naga, Desa kedondong dan Peninjauan, Desa Lubuk Barang Baru dan Desa Gunung meraksa, Desa Keban Agung serta Desa Ulak Pandan. 

Hoirun mengungkapkan ke 10 Rumah RJ yang diresmikan telah melalui pertimbangan yang matang oleh pihaknya dengan berbagai alasan. Namun demikian pihaknya tentu akan terus melakukan terhadap desa dan kelurahan lainya secara bertahap. 

“Kami punya pertimbangan grapik, mapping data statistik kriminal, artinya untuk tahun lalu kira kira perkara dari mana saja masuk perkaranya itu kita petakan. Meskipun ada yang lain tapi kita menganggap bahwa yang 10 ini kita anggap penting untuk dilakukan lounching rumah RJ. “Katanya.

Diungkan Hoirun pihaknya sendiri tidak mau peresmian rumah RJ ini hanya sekedar seremoni. Oleh sebab itu pihaknya melakukan pendataan terlebih dahulu pada awal percontohan ini. 

“Kita tidak mau pendirian rumah RJ ini hanya pormalitas. Nanti kedepan rumah RJ akan dijadikan tempat mediasi kira kira begitu, “bebernya.

Lebih jauh diungkapkan Kajari OKU, harapan pihaknya rumah RJ ini akan dijadikan tempat untuk penyelesaian terhadap sengketa atau persolan yang timbul di masyarakat. Terutama terkait dengan pidana ringan. 

“Ada kasus kasus kita merasakan itu sangat tidak layak masuk tanah hukum. Misalnya kasus pencurian kecil , persolan penganiayaan ringan nah itu bisa kita selesaikan secara RJ dengan syarat yang telah ditentukan dan ada kesepakatan, ” Tukasnya. 

Sementara itu, Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengaku sangat menyambut baik upaya dari pihak keadaan OKU untuk memberikan keadilan hukum terhadap masyarakat. 

Teddy mengaku secara pribadi maupun pemerintah pi hanya akan mensuport rumah RJ yang telah diresmikan. 

“Jadi kamu atas nama pemerintah sangat menyambut baik. Karena ini merupakan salah satu inovasi teman kejaksaan. Tujuan Rumah RJ ini bagaiman kita akan memberikan layanan mencari keadilan kepada masyarakat untuk mendapat rasa aman nyaman terhadap suatu kasus. Rumah RJ ini diselesaikan diluar pengadilan. Mudah mudahan kami akan mendorong bm untuk bisa dikembangkan dan disebarluaskan lagi seluruh kecamatan bahkan desa di OKU, “tukasnya.