Teddy Meilwasnyah Tinjau Beberapa Jalan Provinsi yang Tergerus Aliran Sungai

Berita, Nasional, Oku, Sumsel26 Dilihat
Pengecekan jalan nyaris abrasi di desa Durian Kecamatan Peninjauan oleh Pj Bupati OKU Teddy Meilwasnyah

Laporan:Widori

BATURAJA,SEBIMBING.COM -Disela sela kesibukannya usai melakukan giat bakti sosial di Kecamatan Peninjauan Ogan Komering Ulu (OKU), pada Sabtu (9/3/2024). PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah bersama kepala dinas PU Perkim Kabupaten OKU Nopriansyah dan sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab OKU meninjau sejumlah titik jalan yang terancam putus akibat gerusan aliran sungai Ogan diwilayah Kecamatan Peninjauan dan Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR). 

Pengecekan itu dilakukan untuk memastikan langkah yang akan diambil Pemkab OKU dititik jalan yang nyaris longsor. 

Diungkapkan Teddy Meilwansyah  setidaknya ada tiga titik jalan yang terancam abrasi disepanjang jalan propinsi Sumsel itu.

“Sudah kita cek, ada tiga titik diantaranya di Desa Durian Kecamatan Peninjauan, kemudian di Desa Kedaton Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya dan di Desa Sukapindah Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya. Ketiga titik jalan ini berpotensi terjadi gerusan yang bisa menyebabkan jalan putus,” Ungkap Teddy.

Teddy menjelaskan bahwa ketiga titik jalan yang terancam abrasi itu merupakan status jalan propinsi Sumatera Selatan. Oleh karenanya pihaknya telah membuat surat kepada pemprov Sumsel untuk segera mengambil tindakan. 

“Pemkab OKU telah membuat surat kepada pemerintah propinsi Sumsel agar segera memperbaiki jalan tersebut. Karena dikhawatirkan jika tidak segera di benahi, jalan ini akan putus karena tergerus aliran sungai Ogan yang debitnya belakangan ini kerap naik. Sedangkan kita tahu, jalan ini merupakan akses satu – satu nya yang menghubungkan Kabupaten OKU menuju Kabupaten Ogan Ilir dan jalan penghubung antar kecamatan lubuk Batang dan Kecamatan Peninjauan dan sekitarnya,” jelasnya.

Pihaknya, jelas dia sebelum ada upaya dari Provinsi, pemkab OKU kata Teddy  akan melakukan perbaikan sementara. Hal itu guna memperlambat gerusan yang terjadi.

“Kita Pemkab OKU  juga akan melakukan upaya pencegahan sementara. Tadi sudah dikoordinasikan dengan dinas PU Untuk membuat penahan sementara. Karena kita tahu beberapa hari ini curah hujan masih tinggi di kabupaten OKU. Jangan sampai ketika air naik dan membuat tanah di bawahnya terkikis dan menyebabkan jalan ini Putus,”tukasnya.

Teddy juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di sepanjang bantaran sungai Ogan untuk tetap waspada. 

“Kami juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada akan potensi bencana baik banjir, tanah longsor dan sebagainya, ” tuturnya.